Rahasia Gerakan Solat Nabi

Manfaat Sholat

Manfaat Sholat Yang Mesti Kamu Ketahui

Manfaat Sholat - Shalat itu sangat bermanfat sekali untuk tubuh kita apabila, kita melakukannya dengan benar dan hal ini sangat luar biasa dan canggih dibandingkan dengan yoga. Coba anda pikirkan sejenak, kenapa manajemen yang terkandung dalam shalat sangat bermanfaat sekali.

Doa Iftitah, yang sering kita ucapkan lima kali dalam sehari, sebetulnya sangatlah canggih? Misi hidup yang seperti apa yang lebih canggih dibandingkan dengan hanya mendapatkan keridhaan Allah swt, tidak musyrik dan menjalankan perbuatan yang baik / diridhai allah swt. Kemudian tujuan hidup yang mana lagi yang lebih indah dibandingkan dengan hidup di jalan yang lurus, yaitu jalan kebaikan Ayat-ayat lainnya setelah seperti yang diperoleh para nabi dan rasul ? Al Fatihah itu merupakan petunjuk pelaksanaan dan juga pengendalian setelah selesai shalat dan untuk direalisasikan dalam kehidupan sehari hari. Sebenarnya, Allah swt mengajarkan pada kita bagaimana menggunakan manajemen yang bagus sehingga menjadi kebiasaan yang efektif dan efesien.

manfaat sholat
Manfaat Sholat


Manfaat Sholat 5 Waktu Yang Mesti Anda Ketahui


  • Manfaat Sholat Subuh


Di antara shalat-shalat yang ada, shalat subuh adalah yang mengawali hari sebelum kita beraktifitas. Ini ialah shalat yang paling penting yang harus kita jaga betul pelaksanaannya, sebab tidak semua orang bisa konsisten, bahkan sholat ini terasa berat sekali bagi orang-orang yang munafik. Sholat subuh berjamaah ini merupakan sebuah tolok ukur sejauh mana kejujuran serta keimanan seorang muslim.

Ibnu Umar ra berkata:
Ketika kami tidak melihat seseorang dalam shalat subuh atau isya’, kami langsung berprasangka buruk kepadanya.

Mengingat shalat-shalat lain selain subuh dan isya bisa dilakukan oleh seseorang dengan mudah karena memang waktunya bertepatan dengan saat bekerja dan sedang keadaan terjaga. Hampir sebagian manusa tidak ada yang mampu konsisten menjaga sholat subuh secara berjamaah selain orang beriman yang diharapkan ada kebaikan muncul dalam dirinya. Karena hal tersebut seperti penjelasan di atas, maka banyak keutamaan yang didapat dari sholat subuh berjamaah, seperti ;

  1. Shalat subuh adalah faktor dibukakannya pintu rezeki.
  2. Shalat subuh dapat menjaga diri seorang muslim.
  3. Shalat subuh sama dengan shalat malam semalaman suntuk.
  4. Shalat subuh ialah tolok ukur keimanan seseorang.
  5. Shalat subuh ialah penyelamat kita dari pada api neraka.
  6. Shalat subuh merupakan penyebab seseorang dapat masuk ke surganya Allah swt.
  7. Shalat subuh bisa mendatangkan nikmat berupa bisa melihat wajah Allah swt.
  8. Shalat subuh ialah suatu syahadah khususnya bagi yang konsistendalam memeliharanya.
  9. Shalat subuh itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya.
  10. Shalat subuh adalah kunci kemenangan.

  • Manfaat Sholat Dzuhur
Dapat kita lihat dari waktu sholat dzuhur, waktu sholat dzuhur merupakan saat proses dimana perbuatan dalam diri seseorang itu sedang memuncak, yang berakibat dari banyaknya aktivitas pikiran dan beban pekerjaan yang sedang dikerjakan pada hari tersebut. Oleh sebab itu, sholat dzuhur bisa dijadikan sebagai mengistirahatkan badan dari berbagai aktivitas yang membebani pikiran kita selama dalam bekerja / menjalani aktivitas.

Manfaat sholat dzuhur ini sebagaimana yang telah disabdakan oleh baginda kita Rasulullah SAW, bahwa pada saat waktu dzuhur, pintu langit sedang dibuka sehingga baginda Rasulullah SAW lebih senang untuk melakukan amalan-amalan saleh terutama pada waktu dzuhur. Seperti, kita bisa melakukan sholat sunah sebelum (Kobliah) dan sesudah (Ba'diyah) melaksanakan sholat dzuhur / fardhu. Hal yang terpenting ialah berusahalah untuk mengingat mengenai keutamaan dalam melaksanakan sholat fardhu tersebut di awal waktu.

  • Manfaat Sholat Ashar
Manfaat sholat Ashar ialah mengusir kemalasan, memulihkan tubuh setelah makan, tidur, dan beristirahat, memulihkan peredaran darah, meratakan penyebaran aliran darah pada seluruh anggota tubuh, serta menyalurkan energi yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan. Shalat Ashar juga mampu menjadi penyembuh efektif dari segala sesuatu yang dilalui pada hari itu contohnya, kendala-kendala emosional, ketegangan, dan kelelahan. 

Pada waktu Ashar, cahaya pada matahari mulai berubah warna menjadi kuning jingga. Menurut sebagian para ilmuwan bahwa spektrum warna matahari pada saat itu bersamaan dengan frekuensi reproduksi manusia. Selain itu, kondisi alam saat itu berpengaruh pada kinerja otak kanan atau produksi kreativitas seseorang. Beraktivitas di waktu-waktu ini akan meningkatkan kreativitas. Oleh karena itu, para ulama  kita melarang tidur di sore hari (waktu Ashar).

  • Manfaat Sholat Magrib


Waktu menjelang maghrib adalah waktu istimewa karena pada saat itulah amal kita dibawa oleh malaikat ke langit apalagi saat pada hari jum'at inilah waktu yang istimewa. Waktu mustajab doa kita akan dikabulkan oleh Allah swt. Selain itu waktu maghrib dan isya termasuk semulia-mulianya waktu. Sangat dianjurkan untuk membaca al-Qur'an dan dzikir kepada Allah antara maghrib dan isya adalah waktu yang pendek sekitar satu jam hingga tenggelamnya mega merah. Ketika shalat magrib Rasulullah biasa membaca surat-surat pendek

"Rasulullah membaca Surat al-Kafirun pada rakaat pertama. Dan surat al-Ikhlas pada rakaat kedua selepas shalat beristighfarlah 3 kali."(HR Ibnu Umar)

Keutamaan mengerjakan sholat maghrib yang pertama adalah akan mendapatkan Pahala yang banyak dan akan terhindar dari Dosa Besar. Kemudian yang terpenting adalah keajaiban dan kebaikan  mengerjakan sholat maghrib yang selanjutnya ialah dapat menghapuskan dosa – dosa yang pernah dilakukan atau dalam seharian kita beraktivitas.

  • Manfaat Sholat Isya
Manfaat sholat isya yang bisa kalian dapatkan ketika menunaikan sholat wajib isya, karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, keajaiban sholat isya memang banyak dan sudah banyak dijelaskan didalam Hadits Shahih juga dalam Kitab Suci Al Qur’an, seperti ;
  1. Memperoleh pahala yang banyak.
  2. Bukan termasuk muslim yang munafik.
  3. Sholat isya dapat menghapus dosa.
  4. Mendapatkan cahaya di dunia dan akhirat.

Shalat itu berat sekali, kecuali jika dilakukan dengan khusuk. Dalam Al Fatihah, kita memohon hanya kepada Allah. Dan yang kita minta itu ialah jalan kebaikan, cara hidup yang lurus, yang bermanfaat, yang menghasilkan nikmat seperti yang pernah dicontohkan oleh para rasul dan nabi kita. Pertolongan dari Allah swt akan diberikan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan kita, tapi harus sabar. Shalat yang betul yang berbuah pertolongan tersebut berat sekali dilakukan. Walaupun begitu, lama-lama akan tidak terasa berat bagi orang yang serius dan mengerti manfaatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca kurang lebih saya mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya.

Comments